woww

Selasa, 03 Juli 2012

JAWABAN ISD (FINAL)


NAMA             : ERNAWATI
NIM                 : 11 3145 105 017
TINGKAT       : 1A/ KEPERAWATAN

JAWABAN :
  1.    BERBAGAI MASALAH YANG ADA DI SEKITAR KITA DAN SOLUSI YANG DAPAT DILAKUKAN :

a.       Kemacetan lalu lintas yang menghambat kita dalam beraktivitas akibat dari pelebaran jalan.
Solusi :
Seharusnya para pengelola mengambil tindakan secepatnya dan pemerintah (dinas perhubungan) juga turut andil dalam mengatasi masalah ini. Pemerintah juga seharusnya  mempertimbangkan lebih dahulu langkah pelebaran jalan. Bahkan akibat dari pelebaran jalan ini, pohon-pohon  pun ditebang yang dapat memperparah pemanasan global.

b.      Kenakalan remaja yang semakin meningkat di antaranya seks bebas, narkoba, minuman keras, dll:
Solusi :
Sebenarnya penanganan masalah ini tergolong sulit mengingat kepribadian  seorang remaja sangat susah untuk dibentuk lagi karena awal dari kenakalan remaja adalah pembentukan kepribadian yang salah sejak kecil. Oleh karena itu , keluarga (orang tua ) sangat berperan penting  untuk penanganan masalah ini. Dari kecil, anak seharusnya dididik, di bina dan dibekali dengan ilmu dan keimanan yang kuat agar nantinya anak tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.
Namun, penanganan pada usia remaja khususnya pad pengguna narkoba, langkah tepat yg perlu ditempuh adalah rehabilitasi karena dengan melalui penanganan ini, maka anak akan terbebas dari narkoba tetapi hal ini tidak bias dijamin 100 % karena tergantung dari individu masing-masing.
 
c.       Biaya pendidikan yang semakin meningkat akibatnya banyak anak yang putus sekolah terutama bagi yang kurang mampu sehingga menambah jumlah angka anak jalanan. Kebijakan pemerintah terhadap hal ini seperti dana BOS malah diselewengkan oleh pihak terkait. Beasiswa yang diperuntukkan bagi anak kurang mampu malah diberikan kepada anak yang orang kaya.
Solusi :
Guna tercapainya kebijakan ini, pemerintah harus turun langsung dalam penanganan masalah ini.
Pihak terkait yang berwenang harusnya tahu diri dan merasa kasihan bagi rakyat kurang mampu.
Mereka seharusnya malu karena telah merampas hak-hak orang yang kurang mampu dan mungkin karena penyebab inilah banyak yang mempunyai perut besar karena makan dari hasil rampasan (nauzdubillah). Solusi lain adalah pemerintah ataupun pihak terkait bias mendiirikan sekolah khusus bagi rakyat miskin di mana tidak di pungut biaya sepeserpun.

d.      Pelayanan kesehatan yang tidak maksimal .
Solusi :
Tenaga kesehatan seharusnya dibekali ilmu dan keterampilan agar menjadi tenaga professional sehingga dalam menjalankan peran dan tugasnya dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yg telah ditetapkan. Tenaga kesehatan juga seharusnya memberikan pelayanan tanpa memandang pasien dari satu sisi saja dan memandang pasien sebagai makhluk holistic atau manusia utuh di mana memiliki beberapa jenis kebutuhan yang harus dipenuhi.

e.       Memudarnya nilai-nilai budaya dikalangan masyarakat yang tergantikan dengan budaya asing.
Solusi :
Masyarakat harus mengetahui dampk yang ditimbulkan dari pengaruh budaya asing sebelum menerapkan dalam kehidupannya. Pemahaman tentang budaya bagi masyarakat juga perlu ditingkatkan melalui pendidikan ataupun melalui kelompok social. Perlu diingat bahwa, budaya kita telah ada sejak nenek moyang dan itu akan diturunkan secara turun temurun maka buday sendiri harus senantiasa tertanam dalam kehidupan kita.

2.                  HASIL MAKALAH MASYARAKAT DAN PENDIDIKAN

a.             Pendidikan dan lingkungan social

Pendidikan adalah proses mengajar dan belajar pola-pola kelakuan manusia menurut apa yg diharapakn oleh masyarakat. Kelakuan manusia  pada hakekatnya bersifat sosial yakni dipelajari dari interaksi sosial dengan manusia lainnya baik di rumah, sekolah, temapat permainan, pekrjaan , dsb.
Orang yang berpendidikan adalah orang yang telah bersekolah. Sistem penddikan adalah lembaga sosial yang turut menyumbang dalam proses sosialisasi individu agar menjadi anggota masyarakat seperti yang diharapkan. Melalui pendidikan terbentuklah kepribadian seseorang.


b.            Beberapa pendapat ttg fungsi pendidikan dlm masyarakat :
1.      Wuradji (1988) = pendidikan sbg lembaga konservatif yg mempunyai fungsi :
v  Fungsi sosialisasi
v  Fungsi kontrol sosial
v  Fungsi pelestarian budaya masyarakat
v  Fungsi latihan dan pengembangan tenaga kerja
v  Fungsi pendidikan dan perubahan sosial
2.      Jeane H. Ballantine (1983) :
Ø  Fungsi sosialisasi
Ø  Fungsi seleksi, latihan dan alokasi
Ø  Fungsi inovasi dan perubahan sosial
Ø  Fungsi pengembangan pribadi dan sosial
3.      Meta Spencer & Alec Inkeles (1982) :
ü  Memindahkan nilai-nilai budaya
ü  Peningkatan mobilitas sosial
ü  Fungsi stratifikasi
ü  Latihan jabatan
ü  Mengembangkan & memantapkan hubungan sosial
ü  Membentuk semangat kebangsaan

c.             Tipe dasar pendidikan yg hadir di seluruh dunia menurut Randall Collins (1979) 
1.      Jenis pendidikan keterampilan dan praktis yaitu pend.yg dilaksanakan u/ memberikan bekal keterampilan maupun kemampuan teknis tertentu.
2.      Pendidikan kelompok status yaitu   pengajaran yg diupaykan u/ memperthankan prestise, simbol serta hak istimewa kelompok elit dlm masyarakat yg memiliki pelapisan sosial.
3.      Tipe pendidikan birokratis yaitu diciptakan o/ pemerintah u/ melayani kepentingan kualifikasi pekerjaan yg berhubungan dgn pemerintahan

d.            Fungsi Sekolah:
1.      Sekolah mempersiapkan anak u/ suatu pekerjaan
2.      Sekolah memberikan keterampilan dasar
3.      Sekolah membuka kesemptan memperbaiki nasib
4.      Sekolah menyediakan tenaga pembangunan
5.      Sekolah membantu memecahkan masalah sosial
6.      Sekolah membentuk manusia sosial
7.      Sekolah menstransmisi budaya

Proses pendidikan tdk hanya terjadi pd lingkungan keluarga & ling.sekolah  tetapi berlangsung pula pd situasi kehidupan yg luas yaitu pd lingkungan masyarakat yg biasa disebut pendidikan non-formal.
Alasan timbulnya pen.non-formal :
1.      Alasan segi faktual-historis melalui kesejarahan, kebutuhan pendidikan, keterbatasan sistem persekolahan, potensi sumber belajar.
2.      Alasan segi analitis-perspektif melalui pelestarian identitas bangsa, kecenderungan belajar individual.
3.      Alasan segi formal-kebijakan
Cara menghadapi dampak negatif globalisasi terhadap dunia pendidikan Indonesia :
1.      Menjadikan Pancasila sebagai acuan. Pancasila selain sbg landasan ideologi bangsa Indonesia juga berperan sbg filter pengaruh dari luar Indonesia kemudian disaring.
2.      Menjadikan pelajran moral sebagai pelajaran wajib melalui pelajaran yg menjurus pd pembekalan moral & perbaikan akhlak ( pendidikan agama, pendidikan Pancasila dan kewarnegaraan).

Partisipasi masyarkat dlm pendidikan :
1.      Dalam bentuk partisipasi :
v  Dewan pendidikan
v  Komite sekolah
v  Persatuan orang tua siswa
v  Perkumpulan olahraga
v  Perkumpulan kesenian
2. Dalam cara partisipasinya :
Ø  Ikut dalam pertemuan
Ø  Lewat surat
Ø  Lewat telepon
Ø  Ikut dalam kesenian
 
3.  KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM DUNIA POLITIK
Menurut saya, perempuan bergelut di dunia politik itu sesuatu yang wajar karena membuktikan bahwa perempuan bisa mensejajarkan posisinya dengan kaum laki-laki. Selain itu, perempuan juga dapat mewakili aspirasi dari kaum perempuan lainnya. Kedudukan ini membuktikan bahwa mereka tidak hanya bertugas sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengurus suami dan anak-anak mereka.
Dengan bergelutnya perempuan di dunia politik maka, otomatis intelektual kaum perempuan tidak bisa diragukan lagi karena sepengetahuan saya, orang yang  bergelut didunia politik harus memiliki intelektual tinggi setidaknya pemahaman tentang politik, kecuali bagi mereka yang bisa bergelut didunia politik hanya karena menyuap para rakyat/partisipannya.
Peran perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan yang sama walupun tidak semuanya. Ada peran yang mampu diemban kaum perempuan tetapi tidak mampu diemban oleh kaum laki-laki, begitupun sebaliknya.

4.                  PEMBATASAN KAUM PEREMPUAN DI DUNIA POLITIK
Saya tidak setuju.
Dan  pertanyaan saya sebelumnya, atas dasar apa pembatasan ini bagi kaum perempuan di dunia politik ???
Perlu diketahui bahwa, kemampuan kaum perempuan di dunia politik tidak bisa diragukan lagi. Sebagai contoh, Presiden kita yang ke-5 yaitu ibu MEGAWATI SOEKARNO POETRI adalah seorang perempuan namun beliau bisa membuktikan dirinya untuk memimpin negar ini. Beberapa anggota kebinet Indonesia Bersatu I dan II di masa pemerintahan SBY diduduki oleh kaum perempuan walaupun bisa dihitung dengan jari tetapi mereka mampu menjalankan tugasnya. Beberapa anggota DPR yang menduduki kursi di Senayan juga adalah kaum perempuan walaupun ada di anatara mereka yang terlibat kasus korupsi.
Sebagian orang berpendapat bahwa perempuan hanya bertugas sebagai ibu rumah tangga yang melayani suami dan anak-anak. Orang yang berependapat seperti hal tersebut adalah orang yang masih berpikiran primitive . Walaupun kodratnya perempuan adalah sebagai IBU tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mencoba sesuatu yang baru untuk menyalurkan ilmu atau kreatifitas yg dimilikinya. Jika perempuan hanya bertugas sebagai IBU, maka kapan waktunya kaum perempuan bisa maju. Kita hidup bukan dalam kondisi yang dinamis (tetap). Ada kalanya kita melakukakan perubahan untuk menjadi yang lebih baik.

1 komentar:

  1. Aztagaaaaa.............. puanjaaannnggg banggeeetttt,,,,
    hehehhiihihihiiiii

    BalasHapus